Monday, March 23, 2009

Beternak Ayam Kampung


Keuntungan usaha penetasan ayam kampung memang cukup menggiurkan. saat ini harga sebutir ayam kampung Rp 800. sementara harga seekor anak ayam yang baru menetas atau biasa disebut DOC (Day Old Chick), sekitar Rp 2000 /ekor. artinya, kalau ditetaskan maka keuntungannya lebih dari 100% bukan...!? Mendapatkan telur ayam kampung pada dasarnya tidak sulit asal anda mau telaten. telur ini bisa diperoleh di kampung-kampung. pada pemeliharaan tradisional, umumnya setiap induk ayam kampung melakukan perkawinan dengan ayam pejantan sehingga telur yang dihasilkan merupakan telur yang bertunas atau yang bisa ditetaskan.

Anda harus mengetahui ciri-ciri bibit unggul ayam, yaitu:
1. Bagian tubuh tak ada yang rusak atau cacat, misalnya kaki utuh dan leher lurus.
2. Otot gempal dan kuat, terutama di bagian paha dan dada. Tulangnya juga kuat.
3. Susunan bulu teratur, saling menghimpit dan tampak mengkilat. Kondisi bulu yang baik mencerminkan kondisi kulit yang baik pula.
4. Mata cerah dan pandangannya tampak tajam.
5. Gerakannya gesit yaitu mudah berontak bila dipegang.
6. Ukuran badannya sedang, tidak kurus dan tidak gemuk.
7. Induk jantan mempunyai jengger yang berwarna merah cerah, kepala tampak kokoh, paruh pendek, tajam dan kuat.
8. Jarak ujung tulang dada dengan dubur berjarak minimal tiga jari tangan.

Untuk mesin tetas, anda bisa mendapatkannya dengan dua cara. Jika anda punya uang maka anda bisa membeli mesin tetas sendiri, harganya antara 700.000 hingga 5.000.000, tergantung daya tampungnya. Akan lebih untung kalau anda memiliki mesin penetas sendiri dengan kapasitas yang besar. selain dipakai sendiri, juga bisa disewakan. Anda tak usah bingung memasarkan anak ayam. Anda bisa menjualnya melalui koperasi peternak ayam buras, atau bisa langsung bekerjasama dengan peternak ayam buras. Kalau belum puas dengan hasil anak ayam, bisnis ini bisa dikembangkan sebagai bisnis terpadu. Artinya, selain anak ayam, juga beternak ayam pedaging (broiler) dan telur.

ANALISIS USAHA
Investasi kandang dengan biaya per ekor @ Rp 7.000   = Rp 7.000.000
Biaya lancar DOC 1.000 ekor @ Rp 1.800   = Rp 1.800.000
Pakan starter 1 1.000 kg @ Rp 1.825,5/kg   = Rp 1.824.500
Pakan starter 2 1.500 kg @ Rp 1.657,5/kg   = Rp 2.486.250
Vaksin dan Jamu 1.000 ekor x Rp 150x2   = Rp 300.000
Listrik Rp. 100.00 x 3   = Rp 300.000
Kematian ternak 10%    = Rp 180.000
Penyusutan kandang (usia 4 tahun)   = Rp 145.830
TOTAL BIAYA   = Rp 7.036.580

Pendapatan ayam ukuran 0,9kg @ Rp 14.000/kg x 900 ekor (mati 10%)   = Rp 11.340.000
KEUNTUNGAN BERSIH    = Rp 4.303.420

Ada baiknya juga seorang peternak menguasai pembuatan pakan. Pakan dari bahan baku lokal yang sebenarnya dari sisikualitas tidak kalah dari produk impor, masih jarang dilirik peternak. Daripada anda membuang uang untuk membeli bahan pakan ternak, ada baiknya anda mempelajari kiat membuat pakan sendiri. Dengan menggunakan pakan lokal, anda bisa memetik penghasilan lumayan besar. Dari 1.000 ekor ternak, misalnya, minimal setiap bulan anda mengantongi keuntungan Rp 1.400.000. Itu baru dari hasil penjualan ayam kampung pedaging. Belum termasuk telur, ayam afkiran, dan kotoran ayam yang jadi rebutan petani karena harga pupuk kimia sangat mahal.

ANALISIS USAHA
PENETASAN TELUR AYAM KAMPUNG
Membeli telur tetas 500 butir x Rp 800   = Rp 400.000
Sewa mesin tetas 500 butir x Rp 100   = Rp 50.000
Biaya lain-lain   = Rp 50.000
TOTAL BIAYA   = Rp 500.000

Pendapatan
1.500 butir x 80% x Rp 2.000   = Rp 800.000

Keuntungan
Rp 800.000 - Rp 500.000   = Rp 300.000


Bagiaman...? Tertarik...?
Selamat Merealisasikan....

31 komentar:

Anonymous said...

bagus juga nih mas analisa bisnisnya... bantuin saya merealisasikannya dong mas.... nanti ada deh bagiannya anda mas... gimana? serius lho nih...

Hendri, Bekasi
0818-781-625

Anonymous said...

bagus nih.... aku tertarik lho mas... coz aku ada lahan di bogor....

kang ade, bogor

Lagu Gratis said...

wah... blognya bagus ya... bikinin dong... hehehe

Anonymous said...

KOK BISA MAS, JUAL doc 2000, SEMENTARA KITA BELI CUMA 1800 :
Biaya lancar DOC 1.000 ekor @ Rp 1.800 = Rp 1.800.000
1.500 butir x 80% x Rp 2.000 = Rp 800.000

an naajah ayam kampung said...
This comment has been removed by the author.
an naajah ayam kampung said...

u/ anonymous...
beli nya dimana mbok saya dikirimi, soale disini udah mahal, aku di jogja

Anonymous said...

kok DOC nya murah amat,boleh pesan nih.kalau bs rutin aku mau.
untuk menghitung ternak ayam kampung itu gini.fcr=2,4. kematian 5%(50ekor).berat rata2=0,8/ekor
DOC 3500,x 1000 ekor = 3.500.000
pakan 950 x 0,8x 2,4x 4700 =8.572.800
lain2(obat,vaksin,dll) 250.000
Total Rp 12.322.000.
pendapatan 0,8x950x22.000=16.720.000
keuntungan Rp 4.398.000,-

Anonymous said...

waah, saya tertarik dengan perhitungan dan perincian yang anda ajukan, dapatkah saya diinfokan, karena tidak lama lagi saya mempunyai planing untuk beternak ayam kampung. kebetulan saya punya lahan di Bogor kurang lebih 1200 m2. bisa kita ketemuan untuk membantu saya merealisasikan rencana investasi di peternakan ayam kampung ini.

thank you,

Gintings
0878-12210456

Faruqh said...

Aku lagi bingung cari DOC nich.mungkin ada yang bisa bantu.
aku di Klaten Jawa Tengah.Sebelumnya aku ucapkan Makasih.

bayu said...

cuk awakmu nangkring na kene pisan ruqh.... coro....

an naajah ayam kampung said...

u/ faruqh

sampeyan klatene endi ms, kpn2 tak ggoleki

an naajah ayam kampung said...

bagi yang punya info DOC ayam kampung Hub aq di 081904123831/ 085253572663 aq di jogja

Belajar dan belajar......... said...

kalo ada yang punya referensi doc silakan bisa hub saya di 02817655435
atau di 085291185696

lagi butuh banget ni

thanks

an naajah ayam kampung said...

u/belajar dan belajar

bs hub aq di no tsb,

Anonymous said...

DI DAERAH SAYA 1 EKOR DOC ITU HRGANYA MALAH Rp.3.300/EKOR LHO....

Anonymous said...

weh..... pingin juga usaha sperti itu, makasih ya mas, blog sampean tlah beri aku inspirasi usaha bagi aku si pengacara ini( Pengangguran banyak acara ha...he...he... )

Qmunk said...

keren analisanya.... mas kalo DOC yang murah belinya di mana?

Anonymous said...

3300 didaerah mana itu yang super atau yang biasa dijogja berkisar doc ayam kampung biasa 4000 dan doc ayam kampung super 4500...
tolong kasiy tau saya di 085643192192

IPAS said...

wah luar biasa lho mas keuntnganny,klo di aceh perbutir rp 2500-3000.skr sy lg beternak kcl2an..agr bs mghslkn telur n doc..

fajar said...

wah luar biasa lho mas usahanya salam kenal ya..mari knjungi web kami di ww.bantulcraft.com

Belajar dan belajar......... said...

yang punya penawaran doc ayam kampung saya bisa bantu untuk menjualkan silakan kontak ke 085291185696 ( arif )

broeda said...

http://www.broeda.blogspot.com
http://www.broeda.blogspot.com
http://www.broeda.blogspot.com

kunjungi tuh,,,sory promosi dikit....

Wadas Rent Car said...

Kami adalah penyedia jasa penyewaan mobil yang beroperasi di jakarta dan melayani berbagai macam kebutuhan penyewaan mobil baik dalam kota, luar kota, perorangan, maupun perusahaan. Jika anda perlu menyewa mobil, silahkan menghubungi kami. kami yakin anda akan mendapatkan kualitas pelayan yang terbaik.



" kepercayaan yang anda berikan merupakan tanggung jawab kami dalam melayani anda "



contact us :

0813 1601 5822 ; 0857 147 484 38

Ym : wadas_rentcar@ymail.com

Gmail : wadas.rentcar@gmail.com

Pin : 2195ba1d





- TERIMA KASIH -

Agus_103 said...

Mohon do'a restu nya saya juga akan memulai usaha ini dari dulu yg saya idam2 kan..ternak ayam kampung..karena prospek nya cukup cerah kedepan di bandingan ayam boiler..

Anonymous said...

kalo di batam 0,9kg X Rp. 45000 berapa tu bos ?

Faeyza Group said...

Analisa untuk tahun 2012 ( mei) ; mohon diberikan.

Siapa yang punya DOC dan telur ayam kampung ? atau ayam kampung super ? berapa banyak ?
Bisa kirim penawaran ke bambang.dr10@gmail.com

dan siapa yg ternak ayam kampung super ? , kalau ada ayam kampung super +/- berat 0,8 kg boleh dibuat penawaran ke saya ? Insya Allah bisa menampung 500 -1000 ekor per hari.

Kalau ada pakan ayam kampung buatan yang protein tinggi, boleh buat penawaran ke kami.


wassalam
koperasi ayam kampung asli (kaka)
Cilacap.

Bambang DR
HP 08129053838

hapex said...

aku punya DOC 6 ekor.sehat-sehat,gesit,cepat besar. tapi...kok bulunya kusam.kenapa ya? apa karena aku kasih makan bekatul kering.jadi bikin bulu kusam?

ayam kampung said...

yam kampungwaw komplit sekali artikelnya, mantap, salam kenal

reey said...

hehe

Obat alami darah kotor said...

Sukses untuk peternakannya pak

java service said...

Gan ane lgi cari doc ayam kampung super di bogor dimana ya

 
{membangun-usaha-mandiri} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com